Skip to content

Mengapa tanaman tidak dapat memanfaatkan semua pupuk P yang diberikan

27/09/2010

Hal ini akibat tanah di indonesia (daerah tropis) yang kerap tercuci oleh curah hujan tinggi sehingga banyak kation-kation basa tercuci akibatnya tanah banyak mengandung ion H+ dan tanah menjadi masam.

Pada tanah yang masam, banyak anion Al 3+ dan Fe 3+ di dalam tanah yang dapat mengikat ion H2PO4- yang besaral dari pemberion pupuk P. Akibatnya sebagian kecil saja ( sekitar 30% ) pupuk Pyang dapat diseap oleh tanaman. Sementara pada daerah dengan curah hujan rendah, seperti di Nusa Tenggara dan biasanya tanah banyak mengandung kapur ( tanah Alkali), kation Ca2+ yang banyak pada tanah tersebut akan mengikat unsur P. Maka, ketersediaan unsur P pada tanah tersebut rendah. Padahal unsur P sangat penting bagi tanaman antara lain untuk pembelahan sel, perkembangan akar, pembentukan bunga,buah, biji dll.

Mikroba pelarut fosfat bersifat menguntugkan karena mengeluarkan berbagai macam asam organik seperti asam formiat, asetat,propionat,laktat, glikolat, fumarat dan suksinat. Asam asam organik ini dapat membentuk khelat( komplek stabil) dengan kation Al,Fe, atau Ca yang mengikat P, sehingga ion H2PO4- menjadi bebas dari ikatannya dan tersedia bagi tanaman untuk diserap.

Inokulasi mikroba pelarut fosfat biasanya dilakukan pada saat tanaman bersamaan dengan pemupukan P. Pada kasus tanah dengan kandunagn P tinggi akibat akumulasi atau residu pemberian pupuk P yang menumpuk, maka mikroba pelarut fosfat dapat digunakan sebagai penambang P dari tanah tersebut.

Dengan pemberian mikroba pelarut fosfat diharapkan mikroba tersebut dapat meningkatkan palerutan P dari pupuk P yang diberikan, maupun senyawa P yang bersal dari sisa pemupukan sebelumnya di dalam tanah.

Populasi mikroba tersebut dalam tanah berkisar dari ratusan sampai puluhan ribu sel pe gram tanah.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: